Selasa, 19 Juni 2012

Empat Langkah Menggambar Rambut Dengan Corel Draw



1. Buat Rambut Secara Keseluruhan, bisa menggunakan bazier tool, pen tool atau freehand tool. Kalau saya lebih suka makai bazier



yang perlu diperhatikan disini adalah ujung rambut bagian
luar dan dalam di buat runcing aja, agar helaian rambutnya
kelihatan.

2. Setelah itu buat bagian rambut yang paling terang, atau sering
    juga disebut highlight.



3. Buat bagian yang paling gelap atau shadow



4. Jika bagian gelapnya sudah selesai, lalu hilangkan semua outlinenya,
    caranya seleksi semua bagian rambut lalu klik kanan pada palet warna
    yang simbolnya seperti ini.


Selesai membuat rambut, mudah bukan.Sekarang rambut bisa
di tukar tukar warnanya sesuai keinginan dan memperhatikan terang
gelapnya warna rambut tersebut.
Kalau ingin menambah detail rambut
silahkan tambah bidang lainnya, caranya sama dengan langkah diatas.

SELAMAT MENCOBA. alfred tezar
Tutorial Menggambar Rambut Itu Mudah
Software Vektor : Corel Draw x4
Teknik : Vektor foto
Download gratis document ini PDF format

MEMBUAT EFEK AWAN

Dalam mempelajari CorelDraw anda juga harus siap untuk menggambar secara manual, misalnya untuk menggambar awan saja anda harus berusaha keras, jangan mengharapkan ada plugin yang menyediakan khusus untuk membuat awan pada CorelDraw seperti yang banyak disediakan untuk keperluan Photoshop atau Ilustrator, tapi dengan CorelDraw anda akan mempunyai pengalaman lebih, yaitu bisa membuat secara manual sesuai dengan kreasi sendiri, tidak ada ketergantungan dengan plugin dan sejenisnya yang kita tinggal klik secara instant.

Yang paling enak dan fleksibel untuk membuat object awan atau mega kita menggunakan 3-Point Curve, yang letaknya pada Toolbox :



Anda akan dengan mudahnya untuk menggambar object awan :


Setelah selesai menggambar object awan, buat object kotak dengan Rectangle tool juga letaknya di Toolbox, kemudian beri warna gradasi dari biru ke putih dengan Interactive Fill tool (G) juga letaknya pada Toolbox,  untuk memposisikan letak kotak dibawah object awan anda tekan Shift+PageDown di keyboard. Memang untuk membuat object apa saja itu menu yang dipakai ada pada Toolbox, jadi menu dasar yang harus anda pelajari adalah futur-fitur yang ada pada Toolbox :


Buang outline pada kedua object tersebut, dengan klik kanan pada Color Palette, pilih yang tanda X;


Kemudian pada object mega/awan, Anda Convert to Bitmap... Selanjutnya pada Menu Bar pilih Bitmaps --> Blur --> Gaussian Blur... dan atur parameter sesuai dengan kemauan anda  sekalian;


Dan duplikat/gandakan, bisa dengan Copy Paste atau bisa juga dengan menekan tombol + (plus) pada Numpad, atur size (besarnya) pada tiap-tiap object awan, dan seleksi menjadi satu kemudian Convert to Bitmap... dan beri sedikit efek Transparan.



Nahh, selesai sudah ... cukup mudah bukan??? sekian tutorial CorelDraw kali ini, semoga tutorial kali ini lebih bermanfaat... Sekian dan Terima Kasih.... ^_^

Logo Kabupaten Malang Format CorelDRAW




File Format CorelDRAW

Ular Berkepala dua


Akhir-akhir ini lagi gencar pemberitaan tentang penemuan ular berkepala dua, berita seperti ini adalah kabar yang menyesatkan menurutku, bisa saja itu merupakan manipulasi gambar yang sengaja dibuat untuk menaikkan rating dari mas media tertentu, seperti yang diberitakan Viva New dot com dibawah ini; 


Screenshot-nya

Mas Bro sekalian jangan mudah percaya begitu saja, pemberitaan seperti itu sengaja menyesatkan, lagian ngapain di gubris.. hehe...
Padahal untuk membuat gambar seperti itu dengan CorelDRAW suatu hal yang mudah dan caranya sangat sederhana, sebagai contoh misal gambar foto ular seperti dibawah ini;
Tracing gambar kepala ular pakai freehand tool atau Bezier tool atau sejenisnya pada Toolbox;
Kira-kira seperti gambar dibawah ini hasilnya;
Selanjutnya select semua object, dan klik tombol Intersect pada Property Bar;
Buang atau Delete object line yang warna hitam, klik dua kali pada object hasil Intersect dan navigasi bentuk panah pada samping kiri geser ke bawah sedikit;
Selesailah gambar ular yang menjadi berkepala dua,
Dan yang dibawah ini dengan menghilangkan ekornya sudah menjadi ular berkepala dua tanpa ekor, jadi ekornya adalah salah satu dari kepala, bisa bayangkan bagaimana ular itu kalau jalan;



Gambar di atas hanya sekedar untuk meyakinkan bahwa hal-hal seperti ini adalah pembohongan publik dan sampeyan jangan mudah percaya dengan hal tersebut dan jangan dilakukan pada orang lain.

Demikian, trik diatas hanya sekedar pengetahuan saja jangan dicoba!!!!, hanya Gustialloh yang berhak membuat seperti itu...

Mengganti Warna Objek dengan Cepat pada CorelDRAW X6


Color Styles adalah fitur baru pada CorelDRAW X6 yang berfungsi untuk merubah warna suatu desain dengan warna yang komplek, Mas Bro sekalian akan lama apabila merubah warna satu-persatu pada object yang banyak, dengan CorelDRAW X6 sampeyan diberi kemudahan untuk itu yaitu dengan memanfaatkan fitur yang namanya Color Styles;
Misal kita akan merubah warna pada object seperti gambar dibawah ini;
fitur yang digunakan letaknya pada Menu Bar > Window > Docker > klik Color Styles;

Sehingga akan tampil seperti ini, selanjutnya select semua object yang ada, drag/geser ke arah yang dilingkari merah;


Sehingga semua warna-warna pada object desain tersebut akan tersimpan, seperti dibawah ini tampilannya;


Kemudian ubah warna yang ada sesuka sampeyan, misal seperti dibawah ini;


Maka gambar sampeyan akan ada perubahan warna seperti dibawah ini;


Selamat mencoba;

Cara Mengetahui Angle/Sudut Suatu Objek pada CorelDRAW


Dengan CorelDRAW Mas Bro sekalian bisa mengetahui berapa angle atau sudut dari suatu object kurva, berapapun kemiringan dari angle akan dapat kita temukan dengan menggunakan Angular Dimension tool yang letaknya ada pada Toolbox, adapun caranya sebagai berikut;

 Misal kita buat object bintang tujuh dengan Star tool pada Toolbox;
Sebelum menentukan Angle/Sudut pada Menu View kita pilih dulu Snap to Objects atau tekan Alt+Z di Keyboard, dengan tujuan apabila kita akan menentukan sudutnya akan mengikuti alur pada sudut object tersebut;
Selanjutnya pilih atau klik Angular Dimension tool pada Toolbox;
Arahkan cursor pada  Angle object tersebut;
Mouse tetap ditekan dan arahkan keatas mengikuti alur (path) pada garis object tersebut, kemudian lepas mouse;
Selanjutnya arahkan cursor pada sisi yang lain, dan tekan klik pada mouse;
Selanjutnya arahkan cursor ke tengah untuk menentukan angka pada angle/sudut tersebut, seperti gambar dibawah ini hasilnya;
Dan itu berlaku untuk object-object yang lain seperti contohnya object kotak dibawah ini;

Selamat mencoba.....

30 Istilah dalam Dunia Percetakan


Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia percetakan, mungkin tidak penting untuk menghafalnya tapi ada baiknya bila mengetahui bisa jadi suatu hari anda (sampeyan) berurusan dengan dunia percetakan, minimal urus proyek cetakan tempat anda (sampeyan) bekerja. anda (sampeyan) tidak begitu disibukkan untuk meminta penjelasan dari para percetakan, diantaranya;
  1. Additive Color yaitu warna primer yang terdiri dari RED, GREEN dan BLUE dimana penggabungan ketiga warna tersebut akan menghasilkan warna putih.
  2. Cast adalah unwanted color yakni efek warna yang tidak diinginkan misalnya yellowish dan bluish
  3. CMYK adalah model warna dipengaruhi oleh pigmen dari tinta serta kertas yang digunakan
  4. Color Management System (CMS) adalah system software yang digunakan untuk mendapatkan warna yang konsisten dari peralatan input & output yang berbeda sehingga image cetakan akan sesuai dengan originalnya.
  5. Cetak Gravure adalah suatu teknik cetak yang menggunakan silinder sebagai acuan cetaknya.
  6. Cetak Fleksografi adalah suatu teknik cetak yang menggunakan acuan cetak berupa plat dari karet atau photopolymer.
  7. Continous Tone adalah Gambar yang terdiri dari nada uang sangat halus
  8. Cetak Offset adalah teknik cetak dengan menggunakan plat datar sebgai acuan cetak
  9. Duotone adalah proses pencampuran 2 warna pada umumnya terdiri dari campuran warna hitam dan warna khusus atau warna proses
  10. Digital Printing adalah teknologi cetak tanpa melalui proses pembuatan acuan melainkan proses langsung dari data digital.
  11. Delta E adalah total perbedaan nilai dua jangkuan warna dalam CIELAB
  12. FM Screening adalah suatu metode diman reproduksi gambar dilakukan dengan besar titik yang sama namun jaraknya berbeda.
  13. Gamut Warna adalah batasan warna yang mampu dihasilkan oleh suatu benda
  14. High key adalah gambar yang memiliki distribusi total yang tinggi pada bagian highlightnya
  15. Hue adalah warna itu sendiri, seperti merah, hijau, biru, cyan, magenta, kuning dan lain-lain
  16. Halftone adalah nada dari sebuah image yang terbentuk dari titik-titik raster dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan ukuran nada yang diwakilinya.
  17. ICC profile adalah suatu data yang mengandung karakteristik dan informasi dari suatu peralatan (ICC profile merupakan hasil kalibrasi)
  18. Moire adalah pola yang tidak kita inginkan pada gambar cetakan, hasil dari susunan yang berbeda antara dua atau lebih suatu raster.
  19. Low Keys adalah gambar yang memiliki distribusi total yang tinggi pada bagian shadownya.
  20. Lightness adalah nilai terang gelapnya suatu warna
  21. Metamerisme adalah suatu efek dimana dua buah benda Nampak sama bila disinari oleh cahaya tertentu namun terlihat beda bila disinari cahaya lainnya.
  22. Progressive Proof adalah suatu cetak yang dilakukan dengan menggunakan cetak offset satu warna dan biasa digunakan sebagai proof sebelum cetak sebenarnya.
  23. Rossate adalah pola yang dibentuk pada saat semua 4 warna halftone screen ditempatkan bersamaan pada masing-masing sudut rasternya.
  24. Screen Printing adalah suatu teknik cetak yang menggunakan silk screen sebagai acuan cetaknya
  25. Saturasi adalah intensitas suatu warna/kejenuhan warna
  26. Subtractive Color adalah warna skunder dari warna additive yaitu terdiri dari cyan, magenta, yellow yang dibentuk dari offset, cat, photo dll
  27. Spot Color adalah warna special/warna khusus yang digunakan karena keterbatasan warna proses
  28. Spectrophotometer adalah alat untuk mengukur cahaya yang dipantulkam/diteruskan melalui spectrum warna dan digunakan untuk pembuatan profile cetak, baik offset maupun printing.
  29. Screen Angle adalah sudut raster yang digunakan dalam reproduksi cetak
  30. Web Offset adalah jenis mesin cetak yang biasa digunakan untuk cetak Koran.
Dicopas dari: masbro rajak